Kehilangan

8/21/2013 06:00:00 PM

" innalillahi wa innalillahi ra'jiun "

     Ramadan tahun ini emang kerasa beda dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini aku tinggal jauh dari keluarga bisa dibilang jauh soalnya kai ini aku udah tinggal beda provinsi sih. Aku sekarang udah kerja di ibukota Jakarta, iya kota keras itu loh, hmm keras banget. Kalo gak punya kemampuan di sini, kita gak bakalan bisa menaklukkan ibukota, malah kita bisa-bisa dianggap sampah ibukota, parah. Ramadan tahun ini mulai di hari rabu tepatnya  tanggal 10 Juli 2013. Suka cita banget rasanya nyambut ramadan ini, hehe emang harus gitu sih, kita sebagai umat muslim wajib bersyukur banget bisa ketemu bulan suci ini. Hari pertama puasa di bulan ramadan tahun ini, aku lewatin dengan lancar-lancar aja dan tanpa halangan. Iya dong harus lancar hehe kan udah berniat buat dapet ridhonya Allah, jadi sebisa mungkin kita harus bener-bener tahan godaan di bulan puasa nih (dih, sok abis omongannya wkwk).

     Tapi semuanya tiba-tiba berubah waktu malem harinya. Gak tau kenapa, tiba-tiba kangen banget sama keluarga di rumah, mm bisa dibilang homesick kali ya, kan udah sebulan gak ketemu sama mereka, terlebih lagi malem itu aku bener-bener kangen banget sama budeku (aku biasa manggil 'mami'). Iya, mamiku yang lagi terbaring sakit di rumah. November 2012 lalu, mamiku divonis ngidap kanker rahim dan itu udah masuk ke stadium 3 lanjut, bisa dibayangin ngerinya berhadapan dengan penyakit pembunuh itu? naudzubillah. Sampai Juni 2013 lalu sih aku ngelihat kondisi mamiku sebelum aku berangkat ke Jakarta, badannya kurus banget. Mami gak mau makan, perutnya kerasa sakit, mami udah gak kuat buat menjahit lagi kaya dulu, buat solat pun mami udah gak kuat. Mami cuma bisa tidur di kasur sambil pake selimut yang tiap hari buat badannya hangat, mami selalu berhadapan dengan banyak obat yang harus diminumnya, dari mulai obat dari medis sampai obat alternatif yang kita semua berharapnya bisa sedikit nyembuhin rasa sakit mami. Keluarga besarku, termasuk sodara-sodara kandung mamaku yang lain, kami semua berusaha buat nyembuhin mami dengan cara apapun, tapi kali ini beda, mami kehilangan semangat hidupnya, mami udah gak kuat rasanya buat ngelawan penyakit itu. Dan kami pun pada akhirnya memasrahkan diri ke Allah, gimana yang terbaik untuk mamiku sayang. Tanggal 11 Juli 2013, sehabis sahur, tiba-tiba aja nih ada telpon di handphoneku. Ya pikirku, siapa pagi-pagi jam segini mau nelpon, mm paling ya mama kalo nggak papa deh. Eh ternyata bener aja, nomornya mama yang nelpon handphoneku. Seperti biasa, aku nyapa mama sambil kegirangan,

Aku : " Halo ma, wueee tumben bangunin sahur, kemarin kok nggak dibangunin ? "

Mama : " ( kedengeran suara orang nangis ) Vik, habis sahur baca yasin ya. "

Aku : " Lah, aku biasa yasinannya kan habis magrib kalo nggak ya isya ma, kenapa tumben? "

Mama : " Mami meninggal, vik. "

Aku : (diem)(bingung)(pengen teriak kenceng)

Mama : " Mami meninggal barusan, jam 2. Makanya bantu doa ya, baca yasin buat mami. Ikhlas ya vik. "

Aku : " Innalilahi wa innalilahi rajiun. Mama beneran kah? Ternyata bener ma, semalem aku kangen banget sama mami apa itu firasat kalo mami mau gak ada ? Aku pengen pulang ke Madiun, ma. Aku pengen ketemu mamiku sayang. Aku masih pengen telfonan sama mami, masih pengen nyuapin mami siang sama malem, masih pengen mandiin mami, ngeramasin mami tiap pagi kaya pas liburan kemarin ma. Mami masih janji sama aku kalo nanti libur lebaran masih mau makan-makan bareng kaya biasanya di rumah mami. Ya Allah Ya Rabbi, mamikuuuu! "
 
Mama : " ( sambil nangis ) Udah vik, udah. Allah sayang sama mami. Allah gak pengen lihat mami sakit terus, makanya Allah sekarang ngambil mami. Ikhlas ya, apuh (pakdeku suaminya mami), mbak Ria (anak pertamanya mami ), sama mas Adek ( anak terakhirnya mami ), sudah ikhlas. Mereka ikhlas mami dipanggil Allah, soalnya mereka gak mau lihat mami sakit. Udah ya sekarang ambil wudhu, langsung baca yasin buat mami. Doakan mami tenang, mami pasti bangga punya keponakan kaya kamu."

Aku : " Iya ma, aku baca yasin sekarang. (masih nangis) "

*telpon ditutup*
Aku masih bingung ini beneran apa nggak, mamiku yang beberapa bulan terakhir ini aku rawat, mamiku yang bulan Maret lalu masih bisa ngerayain ultah di umurnya yang ke 59, mamiku yang biasanya ngasih baju baru hasil jahitannya buat lebaran, mamiku yang jago masak, mamiku yang baik banget, mamiku sayang, sekarang udah diambil Allah. Udah kembali ke Allah. Udah gak sakit kanker lagi. Langsung aku ambil air wudhu trus aku yasinan buat mami sampe subuh. Di kondisiku yang jauh di Jakarta kaya gini, aku bener-bener sedih, aku gak bisa pulang buat lihat mami terakhir kalinya, aku gak bisa nganter mami ke peristirahatan terakhirnya, dan aku gak bisa cium mami kaya biasanya mami cium aku pas kita ketemuan. Mami udah aku anggep kaya ibu sendiri, terlebih emang mami adalah kakak perempuan satu-satunya yang dipunyai mamaku.
Hari itu aku gak bisa konsen ngantor kaya biasanya, mataku udah kaya mau meletus aja, sembap, gara-gara kebanyakan nangis. Pas waktunya buka puasa pun, aku gak makan, nafsu makan ilang, yang aku pengenin cuma pengen ketemu mamiku sekarang, tapi ya apadaya takdir Allah gak bisa ditentang. Mami pernah bilang ke aku pas bulan Mei lalu tepat di ultahku yang ke 18, " Vik, mami doakan sembuh ya. Mami pengen ikut dateng di wisudamu Juni besok. Mami pengen lihat kamu di wisuda ". Tapi mami Juni lalu memang gak bisa dateng di acara wisudaku sih, aku yang gak ngebolehin, kondisi mamiku lemah, aku kasihan ntar malah ada apa-apa sama mami. Hmm ternyata, itu semua keinginan terakhir mami buat aku. Oiya, mamiku pasti ngedoakan aku, kalo aku udah di Jakarta nanti semoga aku sukses, bisa bantuin mama sama papaku buat cari nafkah, bisa bantuin ngobatkan mami biar sembuh kaya dulu lagi.

     " Mamiku meninggal tanggal 11 Juli 2013. Mami, aku kangen sama mami, maaf ya waktu aku mau berangkat ke Jakarta, aku belum sempet jenguk mami buat terakhir kalinya. Aku belum sempet nelpon mami buat terakhir kalinya. Mami bude yang terbaik yang pernah aku punya, selalu jagain aku sama Kevin pas mama sama papa gak ada.. Mami, selalu ngerawat kita berdua kaya anak sendiri. Mami, aku kangen mami. Semoga Allah memberi tempat yang terbaik buat mami disisi-Nya. Semoga pahala dan amal ibadah mami selama hidup bisa menerangi kubur mami. Semoga Allah selalu mengampuni dosa-dosa mami. Aku sayang mami.. "

alm.mami sama apuh foto tahun lalu di kebun kakao :')

mami sama aku tahun 2012 lalu :'(

     Selamat jalan mamiku tercinta, aku disini selalu berdoa buat mami..

    

You Might Also Like

0 comments